Thursday, 1 December 2011

Cara Membuat Lagu pada Band-In-A-Box

2 comments

Membuat Lagu pada Band-In-A-Box

    Pada bagian ini Anda akan dibimbing untuk membuat lagu dari awal. Biasanya proses pembuatan lagu adalah sebagai
berikut:
1. Buka file baru melalui menu “File > New”.
2. Ubah tempo (format BPM) sesuai keinginan Anda.
3. Masukkan chord-chord pada lagu Anda dengan cara mengetik dengan keyboard, menggunakan fasilitas ‘Chord Settings’ atau ‘Chord Builder’.
4. Seting lagu, seperti berapa banyak bar dan berapa kali pengulangan lagu tersebut.
5. Pilih style musik sesuai keinginan Anda. Band-In-Box menyediakan ratusan style musik, seperti jazz, pop, rock, etnis, orchestra.
6. Beri nama lagu Anda dan simpanlah
melalui menu “File > Save song”.

Fasilitas Melodist pada Band-In-A-Box

    Pada tutorial ini akan ditunjukkan cara agar lagu Anda mempunyai melodi yang dimainkan musikus, seperti Kenny G ,George Benson, Earl Klugh, Phil Collins, grup Eagles dan musisi terkenal lainnya. Langkah-langkahnya adalah :
1. Klik menu “Melody > Melodist – Generate Melody and Chords”. Pada bagian ini Anda dapat memilih musikus yang akan memainkan melodi lagu.
2. Pada seting “Chords and/or Melody”, nonaktifkan pilihan “Allow Style Change” agar style musik yang telah Anda pilih sebelumnya tidak berubah.
3. Sambil memainkan kembali (playback) musik, Anda dapat menampilkan notasi dari melodi atau notasi dari semua instrumen musik pada lagu Anda baik piano, bass, drum, gitar atau string.
4. Band-In-Box mempunyai fitur ‘Intro’ yang berfungsi untuk menghasilkan intro lagu secara otomatis. Intro ini bisa sepanjang 4 bar atau 8 bar. Anda juga bisa memilih apakah menggunakan chord tipe jazz atau pop. Klik ‘(Re)-Generate
Intro Chords’. Apabila intro yang dibuat Band-In-Box kurang berkenan bagi Anda, klik tombol Intro ini dan klik ‘(Re)-Generate Intro Chords’ berulangulang sampai Anda mendapatkan intro yang sesuai.

Fasilitas Soloist pada Band-In-A-Box

Selain menghasilkan Melodi seperti pada movie tutorial 3, Band-In-A-Box dapat menghasilkan solo atau improvisasi para
musikus terkenal. Langkah-langkahnya adalah:
1. Klik menu “Soloist > Generate and
Play a solo”. Seperti fasilitas Melodist, di sini Anda dapat memilih siapa musisi yang Anda inginkan untuk berimprovisasi.
sini Anda dapat memilih siapa musisi yang Anda inginkan untuk berimprovisasi.
2. Atur kapan improvisasi akan dimainkan melalui window Soloist yaitu pada bagian ‘Solo Which Choruses?’. Biasanya Solo dimainkan di tengah lagu, didahului dan diakhiri oleh melodi. Namun, jika Anda memilih ‘All Solo’ berarti improvisasi akan dimainkan dari awal hingga akhir lagu.
3. Seperti Melodist, Anda dapat menampilkan notasi dari solo atau improvisasi musisi yang Anda pilih.
4. Selain notasi, Anda dapat juga menampilkan gambar tuts piano pada ‘Big Piano Window’, tampilan fret gitar pada ‘Guitar Fretboard Window’ serta ‘Drums Window’ untuk drummer. Jangan lupa, Anda juga dapat mengubah tempo lagu
menjadi lebih lambat agar Anda dapat mengikuti solo musikus tersebut lebih detail.
5. Musik yang Anda buat selain disimpan dalam format Band-In-A-Box, juga bisa di ekspor menjadi file MIDI, yaitu melalui menu “File > Make a Standard MIDI File”. Dengan format MIDI ini, Anda bebas untuk mengedit menggunakan
software lain, seperti Cubase SX, Nuendo, Cakewalk Sonar dan software audio lainnya.


By: CHIP edisi Januari 2006

2 comments:

Kami akan senang jika kalian tinggalkan komentar {^_^}