Friday 5 July 2013

Cara Agar Bisa Mengetik Bahasa Arab di MS. Word

1 comments
Cara Agar Bisa Mengetik Bahasa Arab di MS. Word ini kami tujukan bagi yang ingin atau yang terbiasa mengetik dalam bahasa arab dengan program MS.WORD baik itu 2007 maupun 2010. Program pengetikan dalam bahasa arab ini merupakan aplikasi dari program pengetikan Microsoft Office 2007 atau 2010.  Didalam program asli dari Microsoft Office Word 2007 atau 2010 memang tidak tersedia aplikasi ini jadi kita harus menginstalnya sendiri.
Sebelum menginstal aplikasi ini kita harus memiliki font bahasa arab, silahkan anda download melalui link di bawah ini



Selanjutnya silahkan ikuti langkah – langkah instalasinya sebagai berikut :
Silahkan Anda Copykan font yang telah Anda download ke CONTROL PANEL kemudian paste DI FONT. 


Selanjutnya kembali ke CONTROL PANEL lalu pilih REGIONAL AND LANGUAGES OPTIONS, 


maka akan mucul kotak dialog selanjutnya Anda pilih tab LANGUAGES lalu beri tanda centang pada "Install files for complex script and right-to-left languages (including Thai)" sekali lagi akan muncul kotak dialog silahkan pilih OK.

 
Selanjutnya Anda pilih tab ADVANCED beri tanda centang pada "10004 (MAC-Arabic)" lalu pilih OK.


Anda akan diminta untuk memasukkan CD windows. Silahkan masukkan saja CD windownya pada PC / laptop Anda lalu tekan OK, secara otomatis computer akan mengcopy file – file yang di butuhan dari CD windows. Jika ada perintah  perintah restart maka klik OK saja.

 
Setelah restart / selesai silahkan Anda kembali ke REGIONAL AND LANGUAGES OPTIONS pada tab LANGUAGES klik DETAILS selanjutnya akan muncul kotak dialogs TEXT SERVICES AND INPUT LANGUAGES.


Pada INSTALLED SERVICES silahkan pilih “add”. Kemudian pilih Input language pada "Arabic (Saudi Arabia)" pada kotakdialog. klik OK


Pastikan language bar pada kanan bawah windows computer Anda sudah muncul.



Selanjutnya silahkan buka MS Word 2007 atau 2010, kemudian klik ikon Language bar di task bar kemudian pilih “AR Arabic (Saudi Arabia)”.
Untuk mengatur angka menjadi bahasa arab, Masuk pada word options, dengan cara klik (office button) di bagian kiri atas MS Word, lalu silahkan  pilih (Word options).
Silahkan Pilih (advanced), lalu scroll ke bawah sampai pada (show document content) . Pada pilihan (Numeral) ganti Arabic dengan Context. Klik OK.


SELESAI
Semoga artikel ini dapat membantu Anda, silahkan komentar jika ada pertanyaan.
Sumber : http://gemarmencariilmu.blogspot.com/2012/03/cara-agar-bisa-mengetik-bahasa-arab-di.html

1 comments:

Kami akan senang jika kalian tinggalkan komentar {^_^}