Tuesday 15 November 2011

Google SketchUp

0 comments
        Google SketchUp adalah sebuah perangkat lunak desain grafis yang dikembangkan oleh Google. Pendesain grafis ini dapat digunakan untuk membuat berbagai jenis model, dan model yang dibuat dapat diletakkan di Google Earth atau dipamerkan di Google 3D Warehouse. Tersedia dua versi SketchUp, yaitu :
  • Google SketchUp (gratis)
  • Google SketchUp Pro (harga: USD 459.00)
Kali ini saya akan mencoba membagi ilmu tentang cara lain untuk membuat animasi dengan sketchup yang tentunya hasilnya lebih menarik.
Pertama buatlah terlebih dahulu sebuah gambar seperti  rumah/bangunan sederhana contoh :
Sebelum kita buat animasinya setting terlebih dahulu waktu lamanya animasi sehingga animasi yang muncul tidak terlalu cepat gerakannya, caranya: Klik View – Klik Animation – Klik Setting – Klik animation lagi tambah waktu scane transition kira-kira 5 menit contoh :


Berikutnya adalah kita buat animasinya, caranya klik tool Section Plan  letakkan diatas dari objek yang dibuat, pilih view yang tepat sehingga posisi Section plannya pas contoh :

Gerakkan section plan kebawah dengan mengunakan tool move/copy  sampai  objek kita tidak kelihatan:

Selanjutnya tampilkan scane nya, caranya klik view – Animation – add  scane akan muncul tampilan seperti ini :

Klik lagi section plane lalu letakkan dibawah dari section plane yang pertama disini warnanya dapat sebagai pembeda section plane pertama berwarna gelap sedangkan section plane kedua berwarna orange contoh :

Selanjutkan gerakkan/tarik/drag keatas section plane dengan menggunakan tool move/copyyang berwarna orange sehingga akan terbentuk seperti ini :

setelah selesai, selanjutnya klik kanan scane 1 lalu klik add sehingga akan terbentuk scane 2, seperti ini :

supaya garis dari section plane tidak kelihatan karena akan mengurangi keindahan  tampilan animasinya  klik view  – klik section plane sehingga tandanya hilang.
Selanjutnya kamu sudah bisa lihat hasil animasinya dengan cara klik view – klik animation – klik play. Bagaimana …? gampangkan kamu bisa gabungkan  animasi ini dengan cara animasi pada tulisan saya yang pertama.
Untuk animasi ini kamu bisa buat scane  yang banyak juga dengan cara section planenya bisa kamu tempatkan pada posisi tegak dan miring contoh :

selamat mencoba….

0 comments:

Post a Comment

Kami akan senang jika kalian tinggalkan komentar {^_^}